Friday, June 21, 2013

SMA KATOLIK MAKALE (SMAKAM)

Oleh MELYANI TUTI (XI-BI) thn 2014

SMA KATOLIK MAKALE(SMAKAM)
SMA KATOLIK MAKALE adalah salah satu sekolah bergengsi di sulawesi selatan
Selain memiliki banyak keuggulan sekolah ini juga berperan dalam pembentukan kepribadian para putra dan putri masyarakat di sekitarnya maupun teman-teman dari luar daerah,terutama daerah di Tana Toraja yang terkenal dengan keindahan alam dan pariwisatanya
Berikut ini adalah beberapa cerita dan pengenalan mengenai sekolah kita tercinta ini SMA KATOLIK MAKALE
               Terletak di provinsi sulawesi selatan,kabupaten Tana Toraja Selatan,kecamaten Makale
Bertempat strategis karena persis berada di pusat atau jantung kota makale dan memiliki pemandangan yang indah dan asri.
logo SMAKAM 

gedung dilihat dari atas


               Sekolah ini berdiri sejak tahun 1958 sampai sekarang,Wow ternyata sudah cukup lama juga rupanya,dan itu berarti sudah hampir 55 tahun.Dengan status swasta penuh namun kini berstatus disamakan ,kepala sekolah pertamanya adalah Pastor W. Letschert dan sampai sekarang kepala sekolahnya berjumlah 9 orang.

Beriku ini beberapa gambar dari kepala sekolah SMA KATOLIK MAKALE hingga sekarang ini...


Pastor W. Letschert

J.P. Kupa, BA.

P.S. Andin, S.Pd.

PH. Raya B,BA

T. Patoding Blasius B,BA

Fr. Chirilus Kaparang, S.Pd.CMM

Drs. Petron P. Patungo

Drs. Hendrik Torinding

P. Ignatius Pabendon, Pr


Nah untuk profile lebih lanjut kalian dapat mengunjungi situs http://www.smakatma.sch.id/ di sini kalian akan lebih mengetahui lebih dalam tentang berbagai informasi dari SMA KATOLIK MAKALE dikupas habis..

Tapi di sini saya akan sedikit melanjutkan cerita dari hal yang mungkin paling umum yang mungkin anda ingin ketahui mengenai SMA KATOLIK MAKALE dan apa saja sih yang menarik dan cocok banget sama kamu yang berjiwa muda and pengen sukses tentunya buat masa depan kamu.

Ok.perlu di tekankan and diperhatikan adalah walaupun kita ini adalah sekolah katolik nggak berarti anak-anak yang masuk ke sana harus yang beragama katolik,tapi justru banyak yang udah berprestasi walaupun bukan dari agama yang sama.
Di SMA KATOLIK MAKALE tidak mengenal adanya perbedaan dan ada toleransi yang besar dan sangat mengasyikkan untuk bisa saling mengenal dan satu sama lain karna itu membawa pengetahuan dan wawasan akan budaya yang satu dengan yang lain.
Dan anak-anak yang ada itu berasal dari berbagai daerah di nusantara, dari sabang sampai merauke.
Dan bukan tidak mungkin ada yang akan datang dari berbagai negara.

FASILITAS

Asrama Putra SMA KATOLIK MAKALE
asrama putra dilihat dari samping

Asrama Putri Makale
asrama putri dilihat dari depan

Aneka Alat Musik
alat-alat musik

EKSTRAKULIKLER

Keagamaan
Mudika/OMK
adalah singkatan dari Orang Muda Katolik organisasi dalam bidang keagamaan dalam ruang lingkup gereja katolik 
PPA
singkatan dari Putra Putri Altar yang bertugas untuk mendamping atau membantu pastor selama perayaan ibadah berlangsung atau yang menyangkut kegiatan gereja.Dan anggotanya kebanyakan dari kalangan sekolah di sekitar,terutama SMP dan SMA KATOLIK MAKALE.

kegiatan PPA saat akan berkunjung ke panti asuhan
Camping Rohani
yaitu  dilakukan untuk menanbah pengetahuaan dan pertumbuhan pribadi dalam iman yang baik serta pengenalan dan persahabatan yang bertujuan memimpin, atau kegiatan lain yang serupa seperti REKOLEKSI dan RET-RET yang diadakan setiap tahun, Dan terkecuali untuk kelas 11 yang akan naik kelas 12 karena mengikuti study banding, lebih lanjutnya tentang itu akan di bahas di bawah..

Keolahragaan
Bola Basket 
yang sudah sangat sering memenangkan pertandingan baik dalam maupun luar kota dan menjadi salah satu olahraga unggulan di sekolah dan merupakan icon dari sma kita ini..
SMAKAM BASKET BALL TEAM
Volley Ball   
wah jangan di tanya seru dah pokoknya liat anak-anak volley maen, soalnya pada tangguh dan siap bertarung habis-habisan teman.
Sepak Bola
 ini nih kalau mau liat ketangkasan teman kita dari SMAKAM CUP dalam menghalau dan menggiring bola,sampai-sampai gawangnya bisa jadi jebol dan bolong,.hehe

SMAKAM CUP
         TAEKWONDO ATAU SILAT

SMA KATOLIK MAKALE sudah sangat terkenal dengan kehebatan dalam bidang bela diri ini karena sudah beberapa kali mengharumkan nama sekolah di berbagai pertandingan daerah maupun luar daerah  dan terutama di  tahun ini sekali lagi team taekwondo berhasil meraih peringkat pertama se-indonesia timur dengan kesigapan dan kemahiran teman-teman dalam berduel.

TAEKWONDO RANTING SMAKAM
               


Kepemimpinan
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa/LDKS
ini juga khusus di terapkan bagi siswa dan siswi yang baru saja masuk dan setiap tahunya untuk para anggota OSIS.Kegiatan ini bertujuan untuk melatih keberanian dalam memimpin dan sebagai ajang dalam rapat kinerja OSIS untuk tiap tahunnya.
Paskibra
para paskibraka SMA KATOLIK MAKALE tahun 2013-2014
jangan ditanya lagi teman-teman yang sudah masuk di sekolah pasti dijamin bakalan berpostur tubuh yang baik dan tinggi semampai.Thanks to pak Andarias Rande Rapa ,S.pd karena sudah menjadi guru olahraga kami yang kuat dan tangguh.hehehe

kegiatan olahraga di tengah lapangan sekolah
Andarias Rande Rapa', S.Pd
guru olahraga Pk.Adarias Rapa' ,S.PD.
Pramuka
yo,,ayo kita jalan-jalan kepuncak gunung,ini teman-teman kita yang walaupun panas hujan tetap semangat dan pantang menyerah untuk terus maju.

anggota senior pramuka smakam
-Seni
Seni Musik
musik tenang aja semua lengkap dari bawah sampai atas karena di sekolah sudah tersedia fasilitas ruang musik lho,,keren nggak tuu...?!


Vocal Group
kita deh yang udah paling solidnya kalau disuruh nyanyi bareng. Nggak percaya?? datang aja langsung dan saksikan kedasyatan suaranya yang ngalain tuhh paduan suara Gita Bahana..., wkwkwk
oh iya sekedar info saja bahwa baru-baru ini ada pemilihan buat Choir Group baru SMAKAM yang diberi nama sebagai FALSETTO SMAKAN CHOIR yang diprakarsai oleh bapak guru kita atau yang akrab disapa sebagai Kak Edit. Thanks ya kak Edit ya, great job lah pokoee..
lambang Falsetto Smakam Choir

teman-teman anggota dari Falsetto Smakam Choir pada saat mengambil bagian di lingkup Gereja, semangat ya buat pelayanannya..!!

Marcellus Edit Ringan, guru Agama dan Kesenian yang sedang bermain organ/keyboard

Koor
yapp begitu lah nama panggilan buat kami KOOR SOLIDEO 100 kenapa?? ya karena kami berjumlah 100 orang terpilih dari berbagai latar belakang cowok cewek
sudah tidak asing lagi karena setiap tahun selalu mengambil bagian dalam perayaan untuk gereja disekitar terutama Paroki Hati Tersuci Santa Perawan Maria.
 
KOOR SOLIDEO 100 SMAKAM, pada saat mengambil bagian pada perayaan Minggu Palma


terlihat koor SOLIDEO 100 SMAKAM pada bagian pojok kanan foto

Drum Band
widihhh,,kalau drum band-nya udah yang berturut-turut tiap tahun menyabet juara pertama sekabupaten TANA TORAJA ...




para anggota drumband yang mengikuti festival..
Tari
tahun ini telah diresmikan SANGGAR TARI SMAKAM ,yang tentunya banyak menampung banyak bakat tari dari teman-teman.Terutama karena terletak di daerah wisata yang terkenal dengan keanegaragaman budayanya.Dan telah banyak menyumbangkan bakat dan tari untuk kepentingan daerah dan kegiatan pariwisata Tana Toraja. PokokEeee semangat buat teman-teman dan terus dikembangakan yahhh :D
kemeriahan tari 100th  INJIL MASUK TORAJA

atraksi tarian tradisional Tana Toraja

teman-teman dari sanggar tari SMAKAM dan
 Bapak serta Ibu guru (Lusiana Tongli) pembimbing dan pelatih dari sanggar tari SMAKAM 

Science Club
Matematika
Fisika
Kimia
Biologi
Akuntansi
Komputer
untuk melihat prestasi teman-teman lebih lengkap dapat dilihat di http://www.smakatma.sch.id/

KEGIATAN

           OSIS
atau Organisasi Intra Sekolah di SMA KATOLIK MAKALE bisa dikatakan sudah mandiri dan berjalan cukup baik hingga sekarang ini,dan sudah seharusnya menjadi teladan bagi teman-teman dan bisa menjadi panutan yang baik di sekolah
rapat kerja anggota osis tahun 2013-2014 di ge'tengan

           STUDY BANDING
Kegiatan yang seru sekaligus menambah wawasan kita,yang wajib dan sayang banget kalau sampai dilewatkan.Ini khusus buat kita yang mau naik kelas 12,dimana kita ngadain tur perjalanan tentunya bukan hanya untuk liburan semata atau hang out barang teman dan guru.Melainkan menambah wawasan kita akan berbagai macam budaya dan cara-cara yang berbeda dari setiap sekolah untuk mengajar dan mendidik peserta muridnya.
Dan kita bakalan bisa ngeliat dan tau bagaimana sih keseharian teman kita dari berbagai daerah kalau lagi belajar thu kayak gimana sih.
Walaupun mungkin pada awalnya mungkin berat banget untuk kita bisa usahakan pergi,dengan berbagai perjuangan untuk mengumpulkan dana.mulai dari bazar yang harus jual-jual keliling.sampai akhirnya bisa terkumpul juga.
pokoknya seru banget sih.,karena sepadan dengan hasil yang kita dapat untuk itu kan.??

study banding ke candi borobudur,yogyakarta

          PELESTARIAN ALAM

Di sekolah juga terdapat organisasi pencinta alam salah satunya PPA(para pecinta alam).Tentu dong teman-teman kita ini sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga alam kita agar lestari dan indah,karena alam begitu bermanfaat bagi kehidupan dan ekosistem sekitar di mana kita adalah salah satu di dalamnya.
JADI TERUS LESTARIKAN ALAM TERCINTA KITA..!! OK
sehingga ia juga memberikan kita yang terbaik teman-teman.
Karena menjaga kelestarian alam itu sangat bermanfaat dan tentu saja menyenangkan !! ^_^

pelestarian alam di ivent burake hills

VALENTINE DAY
Kegiatan yang rutin dilakukan tiap tahun,dan merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh teman-teman.Dan pada tahun ini dengan tema UNITED PEOPLE IN LOVE banyak banget ivent baru yang dijalankan.Antara lain mulai dari pemilihan PUTRA-PUTRI SMAKAM,Guru vaforit,dan ada juga Best Cople Of the Year dan tentunya yang paling khas dari valentine ya pasti coklat dan bunganya dongk.. :D
persiapan acara valentine SMAKAM Sebelum di mulai
kegembiraan teman-teman dalam mempersiapkan acara valentine
wieezz..,seru dan gokilnya teman". ikuuuttt :)
acara valentine yang  berlangsung

pemenang guru tervaforit tahun 2014
yang akrab disapa Mr.Mike

penobatan PUTRA-PUTRI SMAKAM Oleh kepala Sekolah Pastor Ignatius Pabendon

Pemenang PUTRA-PUTRI SMAKAM Periode 2014
RINAS (PUTRA) & VITA (PUTRI)
sekali lagi selamat yachh :D !!


pembagian coklat & bunga bagi bapak-ibu guru

pastor serta bapak-ibu guru yang berfoto setelah pembagian coklat dari para siswa & panitia

dan masih banyak lagi ivent atau kegiatannya yang seru di SMAKAM jadi jangan dilewatkan yaa,,
untuk melihat kegiatan lengkapnya di  http://www.smakatma.sch.id/

Berikut ini beberapa informasi yang terkait yang mungkin bisa membantu :
Nama Sekolah:SMA Katolik Disamakan Makale
Alamat Sekolah:Jln. Musa No. 16 Makale 91811
Kelurahan:Bombongan
Kecamatan:Makale
Kabupaten:Tana Toraja
Propinsi:Sulawesi Selatan
Nomor Telepon:(0423)22142
No. Fax:-
Email:smakam58_toraja@yahoo.com
Nomor Statistik Sekolah (NSS):3019190002
Status Sekolah:Disamakan
Nomor Akreditasi:A 19. 594 (U)
Tanggal Akreditasi:15 Mei 2000
Penyelenggara Sekolah:Yayasan Paulus Keuskupan Agung Makassar
Alamat Penyelenggara:Jln. Thamrin No. 5 - 7 Makassar Sulawesi Selatan
Alamat Perwakilan:Jln. Musa No 16 Makale Tana Toraja
Tahun Pendirian sekolah:1958 dengan Status Swasta Penuh

Ok,sekian dulu dari saya mengenai cerita terbaru tentang SMAKAM.Jangan lupa di like and tinggalin coment nya yaa.. Thanks sebelumnya sudah baca dan kunjungi !! :D

13 comments:

  1. haha baru mau kutulis tapi sdh mu tuliss.. bagus-bagus

    ReplyDelete
  2. blog yang bagus !!! kembangkan ...

    ReplyDelete
  3. maff ya teman-teman seperti yang teman tau web yang disediakan pada tulisan,sedang dalam perbaikan,jadi mungkin kalau teman-teman ingin mencari informasi lebih lanjut silakan untuk menghubungi nomor sekolah yang tertera pada tulisan.
    Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete
  4. hebatnya dekku... kembangkan...!! aku punya buku yang membahas tentang teknik Jurnalistik untuk Remaja (Buku pintar wartawan sekolah)... sepertinya sangat cocok untuk kamu... mw ngak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas..
      Ok kak Edit. Skali lgi Makasih yah :)

      Delete